Mau Badan Ideal? Harus Berdiri 3 Jam/Hari

berita-online233 - Obesitas menjadi ancaman kesehatan belakangan ini. Pola hidup yang tak banyak gerak jadi salah satu masalahnya. Para pekerja kantoran lebih sering duduk di kursi sehingga banyak yang gemuk. Padahal hanya dengan berdiri 3 jam/hari, orang bisa bakar lemak 3,6 kg/tahun.

Seorang pakar kesehatan olahraga dari Chester University, John Buckley mengatakan bahwa berdiri selama 3 jam butuh energi sebanyak 144 kalori. Sebagian didapat dari pembakaran lemak, sehingga dalam setahun bisa mengurangi berat badan sebanyak 3,6 kg.

 


"Orang-orang selalu duduk saat berada di tempat kerja, duduk lagi saat di mobil, lalu duduk terus di depan televisi sesampainya di rumah," kata Dr Bucley dilansir BBC.

Untuk mengatasi epidemi obesitas yang semakin mengglobal, Dr Buckley menyarankan kantor-kantor untuk meninggikan kursi di setiap meja kerja. Selain tidak nyaman untuk berlama-lama duduk, kursi yang tinggi kadang-kadang sudah terasa seperti setengah berdiri.

"Laju metabolik Anda anjlok sampai titik minimum yang absolut. Ini tidak natural, manusia didesain untuk berdiri dan tetap bergerak," kata Dr Buckley mengomentari kebiasaan manusia modern yang sangat suka duduk, malas berdiri apalagi bergerak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar