Heboh, Penampakan UFO di Langit Kota Medan

berita-online233 - Sebuah situs komunitas peneliti UFO asing memposting video tentang penampakan UFO di langit Medan, Sumatera Utara. Video itu cukup membuat heboh di media sosial. Benarkah itu UFO?

Situs yang mempublikasikan video itu adalah latest-ufo-sightings-net. Video diunggah pada 7 Januari 2013 lalu dengan tulisan 'Video of triangle UFO hovering above Medan, Indonesia 5-Jan-2013'.

Gambar video itu berisi penampakan tiga titik cahaya berwarna hijau-merah-biru yang membentuk segitiga. Para peneliti UFO percaya, segitiga itu adalah salah satu bentuk UFO. Di beberapa daerah lain, penampakan serupa juga pernah terlihat.

Sejumlah pengunjung situs itu dimintai pendapat soal keaslian video. Dari 115 komentar, 77 orang di antaranya meyakini video itu asli menampilkan UFO, sementara 17 orang menganggap video itu palsu. Sisanya menilai video itu asli, namun benda yang nampak bukanlah UFO.

Associate Researcher BETA UFO Indonesia Andyono Muharso mempunyai pandangan tersendiri soal penampakan itu. Menurut dia, UFO di dalam video masih bersifat meragukan karena sang pengunggah, tak memberikan data detil soal suasana di lokasi dan proses pengambilannya.

Berikut hasil analisa Anyono dari komunitas Beta UFO Indonesia dalam keterangan tertulis pada detikcom, Kamis (10/1/2013):

1) Video yang diklaim sebagai video penampakan BETA/UFO berbentuk segitiga di atas kota Medan, pada 5 Januari 2013 tersebut, tidak menunjukkan poin referensi apapun yang bisa menjadi acuan untuk memperkirakan ukuran obyek yang direkam, posisi obyek itu di langit dan juga - tentunya- kebenaran klaim bahwa obyek itu direkam di atas kota Medan.

2) Video yang ditampilkan di website 'Latest UFO Sightings' tersebut tidak menunjukkan detail informasi apapun tentang siapa pembuat rekaman video itu, kapan rekaman video itu dikirimkan dan di mana persisnya lokasi pembuatan rekaman video tersbut dilakukan. Kalau identitas si pembuat video memang sengaja dirahasiakan, kenapa tidak ada penjelasan apa pun soal alasan untuk merahasiakan identitasnya?

3) Video yang ditampilkan memang terlihat sebagai sebuah obyek berbentuk segitiga, tapi tidak ada referensi yang jelas menunjukkan bahwa obyek itu berada di angkasa/langit. Dari segi pergerakan obyek tersebut, juga tidak terlihat adanya perubahan kecepatan yang mendadak atau ekstrim, misalnya dari bergerak lincah ke diam, atau sebaliknya. Dari faktor pergerakan obyek ini, tidak ada perbedaan yang signifikan antara obyek yang diklaim sebagai BETA/UFO itu dengan layang-layang yang dilengkapi dengan lampu LED. Satu-satunya yang membuat obyek itu diidentifikasikan sebagai BETA/UFO ya sekedar pernyataan (klaim) dari website itu sendiri.

Berdasarkan fakta-fakta di atas, komunitas Beta UFO Indonesia menyimpulkan, video itu tak disertai dengan bukti dan faktor yang mendukung kebenaran dari setiap unsur yang tercakup dalam klaim situs tersebut. Meski begitu, Beta UFO juga tak mau menyimpulkan video itu Hoax.

"Satu-satunya analisa definitif yang bisa dijaukan BETA UFO sejauhh ini, adalah bahwa klaim yang diajukan bersama rekaman video itu masih tampak MERAGUKAN," tegas Andyono

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar