Tips Menghilangkan Kebiasaan Merokok

berita-online233 - Terkadang seseorang yang baru saja berhasil berhenti merokok, selalu saja ada godaan yang membuat keinginan untuk merokok timbul kembali. Tapi ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tak tergoda merokok lagi.


Maka daripada itu, perencanaan dan persiapan adalah hal terpenting yang harus dipikirkan menghindari dari kebiasan lama Anda merokok.

Seperti yang dilansir ehow, Minggu (25/11/12). Ternyata, menjaga diri saja tidak cukup untuk mencegah dari godaan untuk tidak kembali merokok.

Ada beberapa hal yang harus selalu Anda sadari dan kerjakan untuk terhindar dari perilaku seperti itu.

1. Pikiran
Rencanakan untuk tidak menyerah pada keinginan Anda.
Menurut penelitian, pola pikir yang baik dan tepat dapat menjauhkan dari kebiasaan lama Anda. Jauhkan pikiran-pikiran negatif yang dapat mengganggu dan menggagalkan semua rencana yang telah Anda persiapkan secara matang.

Pikirkan bahwasanya kesehatan semakin membaik setelah Anda memutuskan untuk berhenti merokok. Tegaskan kembali komitmen yang telah dijalankan.

Tanamkan dalam diri bahwa mengulang kebiasaan lama dapat berakibat buruk untuk diri sendiri. Tulis besar-besar diingatan Anda bahwasanya rokok adalah racun. Pembunuh paling kejam yang patut ditakutin.

Pikirkan anak serta istri yang sangat menyayangi Anda. Dengan begitu, niatan untuk kembali merokok perlahan-lahan menghilang dari diri Anda.

2. Tetap pada kebiasan
Biasanya orang yang berhenti merokok, sering kali menyimpan makanan maupun cemilan sebagai pengganti rokok. Misalnya saja permen karet.

Pada saat berkumpul bersama teman, cemilan yang satu ini jangan sampai Anda lupakan. Terutama ketika Anda berkumpul bersama teman-teman yang masih aktif merokok.

Akan berakibat fatal apabila Anda sampai lupa membawa 2-3 buah permen karet. Tanpa disadari, secara refleks akan meminta sebatang rokok kepada teman karena merasa ada yang kurang.

3. Terus olah raga
Olah raga adalah salah satu kegiatan yang paling efektif untuk membantu berhenti dari merokok. Tapi, ada kalanya seseorang merasa bosan melakukan kegiatan satu ini. Itu semua dikarenakan orang tersebut sudah memperoleh kesehatan yang lebih dari cukup setelah ia berhasil berhenti merokok.

Karena beranggapan dengan berolahraga setiap orang mampu untuk berhenti merokok, tak jarang banyak yang mencoba-coba kembali untuk merokok.

Menurut penelitian, dari 10 orang yang mengistirahatkan diri dari olahraga dan mencoba-coba kembali untuk merokok, hanya 1-2 orang yang mampu menarik diri menjauh dari kegiatan merokok itu dan kembali menjalani hidup sehat.

Yang perlu diingat adalah olahraga juga berfungsi untuk menyehatkan tubuh dan secara tidak langsung meningkatkan kualitas hidup Anda.

Berhenti merokok juga dapat menjadikan kulit sehat karena nutrisi yang sempat hilang karena merokok datang kembali.

4. Buat buku jurnal
Menurut The H. Lee Moffitt Cancer Centre & Research Institute di University of South Florida, membuat jurnal pencapaian tentang apa saja yang telah Anda lalui demi menjauhkan diri dari kebiasaan merokok, dapat membantu Anda untuk tidak kembali ke kebiasaan buruk tersebut.

Setiap akhir bulan, baca kembali buku jurnal yang dimiliki. Resapin setiap tulisan yang dibuat. Bayangkan bagaimana susahnya untuk menjauh dari rokok.

Jadikan buku jurnal sebagai pengingat diri. Hal apa yang membuat Anda untuk berhenti merokok, tulislah semuanya ke dalam buku jurnal tersebut.

Dan, ceritakan kembali tiap bulannya tentang apa-apa saja yang telah dikerjakan selama ini.

Dengan begitu, Anda akan berpikir ulang untuk kembali menjadi seorang perokok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar