Fenomena Bahasa Gaul ‘Ciyus’ ‘Miapah’ Apakah Jadi Polemik?

berita-online233 - Virus bahasa gaul terus menyerang kalangan remaja Tanah air. Pengguna bahasa ini biasa disebut alayers. Para alayers pun gencar menggunakannya sebagai bahasa kesehariannya yang biasa dikelompokan sebagai bahasa gaul, dari sinilah perlahan bahasa gaul alay ini merembet hingga malah menjadi sebuah trend.
ciyus
Awalnya gue dibuat bingung dengan kata-kata yang muncul belakangan ini. Entah bahasa gaul ciyus miapah ini berasal darimana. Gue pun akhirnya googling untuk mencari tahu. Ternyata memang bahasa gaul ciyus miapah sudah menjamur kemana-mana hingga publik figur juga ikut menjadikan bahasa ciyus miapah sebagai salah satu daya tarik para penontonnya.
Tidak hanya di dunia entertainment bahasa ini dipakai, di kantor gue bekerja pun rekan kerja gue ikut serta mempopulerkan bahasa gaul ciyus miapah. Sebut saja namanya Rady, berikut ini kutipan percakapannya:
Gue: “Rady, tugas gue udah selesai nih”
Rady: Etdaah…. “Ciyus?” “Miapah?” Eeeebuuseeet.
Selain itu ada lagi kalimat yang membuat gue bingung, “Jadi gue harus bilang WoW gitu”
Kurang lebih seperti itulah istilah yang sekarang ini muncul. Pernyataan-pernyataan semestinya ditanggapi serius seringkali menjadi bahan bercandaan dengan melontarkan kalimat tersebut. Selain itu, kata-kata gaul serupa dengan ciyus miapah yang sampai detik ini saya tangkap adalah sebagai berikut:
Ciyus = Serius
Miapah = Demi apa
Lahacia = Rahasia
Enelan = Beneran
Cungguh = Sungguh
Akooh = Aku
Maacih = Terima kasih
Macama = Sama-sama
Macapah = Sama Siapa/Dengan Siapa
Binun = Bingung
Ca Oong Cih = Masa Bohong Sih
Kepo = Ingin Tahu Aja Urusan Orang
LeFo = Lelet Info (singkatan)
Baryaw = Sabar yah (singkatan)
Gudnyus = Good news
Kiyim = Kirim
Amaca Cih = Ah Masa Sih
Cemungudh = Semangat
miapah
Dan masih banyak lagi kata-kata gaul ciyus miapah yang sedang trend digunakan oleh anak muda dan para penggiat akun socmed. Kata-kata gaul ini sebenarnya masih sedikit lebih mudah dibaca dibandingkan dengan bahasa alay yang mencampuradukkan angka dengan huruf dan terkadang penulisan huruf yang berlebihan, seperti: BanGeTssZ (Banget)), hallLoech (Hallo), s4YanK (sayang) dan masih banyak lagi yang benar-benar membuat pusing bagi yang baru membaca atau mendengarnya.
Begitulah kira-kira yang bisa gue tangkap dengan fenomena bahasa gaul ciyus miapah yang semakin menjamur saat ini. Bagaimanapun ini salah satu pewarna kehidupan kita, seru digunakan lucu-lucuan ama temen-temen kerja, kampus, tapi jangan berlebihan aja ya nanti bisa dibilang lebay hehe :D
Apakah ini sopan atau tidak?
Apakah ini merusak bahasa persatuan kita sebagai bangsa Indonesia?
Jawabannya ada pada kamu sendiri…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar