Kambing Golden Guernsey

Kambing Golden Guernsey adalah salah satu jenis kambing yang langka yang berasal dari daerah Guernsey, kepulauan Channel. Kambing jenis ini dibawa masuk ke Inggris pada tahun 1965, kambing ini kemudian berkembang biak dan dikenal dengan nama kambing Guernsey Inggris.

Kambing Golden Guernsey telah ada sejak tahun 2000 SM. Telah ditemukan tulang tulang kambing ini di sekitaran makam makam kuno Dolmen, sejenis makam Megalitik. 


Kambing Golden Guernsey ini merupakan keturunan dari kambing Oberhasli dari daerah Suriah. Kambing ini disebut Golden Guernsey karena warna rambutnya yang berwarna coklat emas. Warna matanya pucat. bentuk tubuhnya lebih kecil tapi tulangnya lebih kokoh dan kuat dibandingkan jenis kambing perah lain yang ditemukan di Inggris. Bulu-bulunya panjang sehingga berbentuk mantel.


Kambing Golden Guernsey jantan sangat jarang yang ditemukan mempunyai tanduk. Kambing  ini mempunyai bau yang sangat khas dan dikenal sangat jinak. Kambing ini adalah kambing perah yang efisien, karena memiliki bentuk tubuh yang kecil sehingga mudah untuk diperah. Kambing ini memproduksi susu sekitar 3 liter per hari, lebih sedikit dari susu yang diproduksi oleh kambing perah asal swiss. Walaupun memproduksi susu lebih sedikit, tapi kandungan gizinya lebih tinggi, yaitu lemak susu 3.72% dan protein 2.81%.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar