Kambing Anggora

Kambing Anggora berasal dari distrik angora di sekitaran asia kecil, kambing jenis ini sudah dikenal sejak zaman nya nabi musa sebelum sejarah alkitab ??? yaitu sekitar 1571-1451 Sebelum masehi.
Perdagangan bulu kambing inipun sudah dimulai sejak awal abad ke 19 dan menjadi komoditas yg berharga pada saat itu. Rambut/bulu kambing ini dikenal dengan nama MOHAIR. Pada tahun 1554 Charles V membawa kambing ini Eropa

Tahun 1765 diimpor oleh Pemerintah Spanyol, dan 20 tahun setelah itu banyak yang mulai membawanya ke Perancis. Namun tak satupun yang berhasil dalam mengembangkan usaha import kambing jenis ini dalam periode tersebut. Yang pertama berhasil dalam mengembangkan usaha import adalah Uni Afrika Selatan pada tahun 1838, dan menjadi pengimport MOHAIR terbesar dibawah Amerika Serikat dan Turki.

Di AS rata-rata berat bulu yang dipotong dari tiap ekor kambing adalah sekitar 5.3 ponds, menghasilkan serat dengan panjang antara 12-15cm. Bulu kambing ini sangat mirip dengan WOL dalam komposisi kimia tetapi tidak memiliki permukaan yangg halus. Persamaan yang paling mendasar adalah pada seratnya yg kuat dan elastis. Bulu kambing jenis ini banyak digunakan sebagai upholstering pembuatan plushes dan bahan-bahan yang mencakup dimana kekuatan, keindahan, dan daya tahan yang diinginkan.


Ciri Fisik
  1. Jantan dan betina bertanduk
  2. Tanduk jantan berbentuk spiral yg ujungnya menjauh dari kepala
  3. Tanduk betina relative lebih kecil dan cenderung tidak berbentuk spiral, biasanya tdk lebih dr 9-10inch
  4. Telinga tebal dan kendur
  5. Bentuk tubuh jantan/betina lebih kecil disbanding kambing jenis lain
  6. Berat jantan berkisar 180-225 pounds , mencapai berat maksimal sebelum umur 5thn
  7. Karakteristik jantan/betina lebih mirip ke domba, walaupun ciri kambing lebih dominan


Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar