Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur

Angin Muson di Indonesia

Angin adalah udara yang bergerak. Menurut Buys Ballot, angin bertiup dari daerah yang bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum, di belahan bumi utara angin berbelok ke kanan sedangkan di belahan bumi selatan angin berbelok ke kiri.Adanya letak geografis, menyebabkan terjadinya gerakan angin muson yang melalui Indonesia.

Angin muson (musim) di Indonesia terjadi dalam dua periode yaitu :


Angin Musim (muson) Barat, terjadi antara bulan Oktober - April bersifat basah sehingga membawa musim hujan/penghujan. Bertiupnya angin ini disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara di belahan bumi utara dan selatan. Pada saat itu utara musim dingin sehingga menyebabkan tekanan di utara lebih tinggi dari pada selatan, maka angin bertiup dari utara (Asia dan Samudera Pasifik) menuju Australia melewati Indonesia.

Angin Musim (muson) Timur, terjadi antara bulan April - Oktober bersifat ering yang mengakibatkan wilayah Indonesia mengalami musim kering/kemarau. Bertiupnya angin ini disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara di belahan bumi selatan dan utara. Pada saat itu selatan musim dingin, sehingga menyebabkan tekanan di selatan lebih tinggi dari pada utara, maka angin bertiup dari selatan (Australia) menuju Asia melewati Indonesia.

sumber:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar