Budaya Malu di Dunia Blogging


Ketika kita membicarakan tentang dunia blog, maka tidaklah lepas dengan postingan. Karena hal itu merupakan pendukung utama dimana blog kita akan dikunjungi oleh orang lain. Pengunjung demi pengunjung selalu hadir di blog kita, maka semakin erat pula tali persaudaraan yang terjalin tanpa diSadari.
Tidak hanya didunia Nyata saja kita memiliki aturan-aturan yang berlaku. Dan memiliki pula tatakrama dalam menjaga tali persaudaraan. Didunia mayapun demikian. Maka untuk menjaga tali persaudaraan tersebut tetap terjaga, alangkah baiknya jika kita selalu membudayakan 6 malu dalam dunia blogging, diantaranya :
1.      Malu, Ketika tidak berkunjung balik keBlog sahabat yang telah berkunjung di blog kita.
Bagaimana tidak Malu, sahabat telah berjuang mulai dari waktu untuk berkunjung diblog kita, tenaga untuk selalu bersemangat berkunjung dan Biaya untuk Internet yang dibayar hanya untuk mengunjungi blog kita. Coba kita renungkan hal itu.
2.      Malu, Ketika tidak balas komen sahabat yang telah berkomentar di blog kita.
Komentar sahabat merupakan salah satu Motivasi dan Penilai untuk meningkatkan kwalitas postingan yang ada diblog kita. Yang Hanya bertujuan untuk membangun Blog kita agar lebih baik. Dan alangkah tidak pantasnya jika kita menghiraukan komentar sahabat kita.
3.      Malu, Ketika mencopas Tulisan sahabat untuk diPosting diblog kita tanpa mencantumkan sumbernya.
Memang semua ilmu yang ada di Langit dan dibumi ini adalah hanya milik Tuhan. Bahkan Tuhan saja tidak Meng-CopyRight ilmunya untuk di amalkan dan disebarkan. Namun, Tuhan memerintahkan Hambanya untuk selalu Menghormati dan menghargai Orang lain guna menjalin tali persaudaraan yang baik.
4.      Malu, Ketika tidak men-Follow back blog sahabat yang telah men-Follow blog kita.
Follow istilah lain yaitu mengikuti. Dalam hal ini adalah awal untuk menjalin tali persaudaraan antara keduanya. Berarti juga, sahabat ingin selalu dekat dengan kita. Namun apa jadinya kalau kita tidak mendekati kembali dengan cara mengikuti balik, maka secara tidak langsung kita telah menghindar dari tali persaudaraan/memutuskannya. Maka dosa besar bagi orang yang memutuskan tali persaudaraan di antaranya.
5.      Malu, Ketika berkomentar yang tidak sopan di blog sahabat.
Jelas sekali, bahwa "Mulutmu adalah harimaumu". Dan "Kata-katamu adalah nasibmu". Maka selalu gunakan kata-kata yang baik untuk menjadikan hidup kita lebih baik.
6.      Malu, Ketika tidak berkunjung di Blog sahabat.
"Punya rumah, namun tidak pernah mengenalkan/memberikan alamat rumahnya kepada sahabat lainnya." Istilah itu kiranya pas buat yang punya Blog tanpa blogwalking di blog sahabat. Malu donk ketika rumah kita sepi tanpa ada tamu(emang rumah kosong??).

Saya tambah lagi,,

7. Malu, ketika banner kita dipasang orang lain tapi kita nggak masang bannernya,,

Tapi saya ikhlas kok..     

Asal Sobat senang 



Artikel ini bersumber dari : http://mrofiuddin.blogspot.com
dengan sedikit pengubahan dari : http://linkinchange.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar